Komponen Mobil Penting Yang Harus Dicek Berkala

Mobil dibuat dari komponen-komponen besar maupun kecil yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen mobil penting ini ada yang harus dilakukan pengecekan rutin bahkan pengantian secara berkala.

Fungsi dari pengecekan maupun pengantian secara berkala adalah untuk menghindari kerusakan fungsi mobil. Artikel ini bisa membantu kamu mengecek apa saja komponen penting tersebut.

Jangan Lupa Cek Aki Mobil Anda

Komponen Penting Cek Berkala

Adapun beberapa komponen penting yang harus dicek bahkan diganti secara berkala adalah sebagai berikut.

1. Oli Mobil

Dari beberapa komponen mobil penting yang akan kita bahas, komponen satu ini termasuk yang paling sering dicek. Selain harus dicek, komponen ini juga tidak boleh lupa untuk menggantinya. Alasannya karena oli bekerja cukup penting bagi sebuah mobil. Oli pada sebuah mobil berfungsi untuk menghadirkan kenyamanan dari performa mobil saat dikendarai serta kegesitan pada mobil.

Setiap mobil memiliki kebutuhan oli yang berbeda-beda. Oli juga berpengaruh besar bagi kondisi kampas rem. Dimana oli yang tidak dicek rutin atau bahkan tidak diganti dalam kurun waktu yang lama maka dapat membuat oli rem habis.

2. AKI

Aki atau Akumulator tidak kalah berperan besar bagi sebuah mobil. Dimana fungsi dari Aki adalah menyimpan energi untuk membuat mobil dapat berjalan dengan baik. Saat Aki tidak dicek rutin maka biasanya pada mobil akan menunjukkan mobil mogok. Jika kamu sering mendengar baterai mobil yang habis inilah yang dikerjakan oleh Aki.

Oleh karena itu Aki bisa dicek dengan sebuah alat voltmeter yang menunjukkan warna biru ketika Aki masih dalam keadaan baik-baik saja.

3. Filter AC

Mobil memiliki AC yang berfungsi untuk menyejukkan isi dalam mobil. Jika AC rusak maka biasanya pengguna akan merasakan kesal. Oleh Karena itu ada baiknya untuk mengecek filter AC apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. AC yang baik adalah AC yang bersih dari debu.

Jangan pernah sepelekan komponen mobil penting diatas. Meskipun kelihatannya kecil atau bahkan tidak terlihat kamu tetap harus rutin mengeceknya secara berkala. Cukup satu sampai dua bulan sekali untuk membuat mobil tetap dalam kondisi baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *