Saat ini terna cosmetic dentistry atau perawatan gigi dengan tujuan estetika semakin populer dan digemari masyarakat. Sayangnya, biaya yang dibutuhkan lumayan tinggi sehingga akhirnya banyak yang memilih untuk pergi ke dokter gigi Jogja karena dianggap biayanya lebih terjangkau.

Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Dari segi biaya rasanya hampir sama antara biaya dokter gigi di Jogja degan di kota besar lainnya. Apalagi jika ingin periksa di klinik bagus dengan pelayanan serta teknologi berstandar internasional.

Tentu saja biayanya akan lebih mahal dibandingkan dengan memeriksakan diri di klinik biasa meskipun berada di ibu kota. Hanya saja, memang jika dibandingkan dengan kota-kota seperti Jakarta dan sekitarnya tentu biaya di Jogja bisa dikatakan terjangkau.

Apa Saja Perawatan yang Termasuk Cosmetic Dentistry?

Meski sudah mulai populer namun belum banyak yang tahu apa saja treatment yang termasuk dalam kategori cosmetic dentistry ini. Jika Anda penasaran, berikut contoh treatment yang ditujukan untuk mempercantik penampilan gigi.

1. Bleaching

Perawatan ini mungkin yang paling populer serta banyak dilakukan oleh masyarakat terutama kaum hawa. Sesuai namanya, perawatan ini akan membuat gigi Anda terlihat semakin putih dan bersih. Namun, proses ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis berpengalaman saja sehingga jangan asal melakukan bleaching.

2. Veneer

Selain bleaching ternyata veneer juga lumayan populer di masyarakat. Orang-orang melakukan veneer dengan tujuan untuk mendapatkan bentuk gigi yang diinginkan. Sayangnya, banyak masyarakat justru memilih melakukan veneer di tempat yang tidak semestinya sehingga justru membahayakan kesehatan.

Meski terlihat sepele dan sederhana namun untuk membentuk gigi menjadi seperti yang diinginkan harus dilakukan oleh tenaga medis. Prosedur semacam ini bisa berisiko bila dilakukan oleh orang biasa atau awam.

3. Root Canal Treatment

Perawatan ini sebenarnya dilakukan tidak hanya karena alasan estetika saja sebab treatment ini bertujuan untuk mengatasi kerusakan gigi yang sudah mencapai saraf. Jika sudah sampai separah ini biasanya pasien akan mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan serta gigi menjadi sangat sensitif.

Proses ini bisa dikatakan cukup berat sehingga hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi saja. Jangan sekali-kali melakukan perawatan ini di tempat-tempat tidak jelas apalagi klinik tidak berizin.

4. Kawat gigi

Perawatan ini lebih populer dengan sebutan behel. Tujuannya adalah untuk merapikan bentuk gigi yang tidak rata. Saat ini kawat gigi sudah hadir dengan berbagai variasi warna berbeda sehingga bisa sekaligus dijadikan aksesori. Pilihannya beragam mulai dari transparan hingga yang berwarna-warni pun ada.

5. Dental jewelry

Sesuai namanya, teratent ini memang ditujukan sepenuhnya untuk kepentingan estetika. Biasanya agar gigi terlihat semakin cantik orang-orang memilih memasang berbagi kristal atau bahkan berlian agar terlihat lebih menarik.

Karena pilihan aksesorisnya cukup langka maka tidak heran jika biaya yang harus dibayarkan juga termasuk mahal. Semakin mahal kristal atau perhiasan yang digunakan maka biayanya akan semakin  mahal.

Untuk melakukan semua prosedur tersebut juga tidak bisa sembarangan. Semua hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis terpercaya dan sudah memiliki pengalaman. Tempat melakukan semua prosedur di atas juga harus memiliki izin sendiri.

Oleh sebab itu, tidak semua klinik gigi menawarkan layanan cosmetic dentistry. Hanya klinik gigi terkemuka seperti Opal Dental Indonesia saja yang bisa melakukannya. Selain karena memiliki tenaga kesehatan  mumpuni, fasilitas yang tersedia juga bagus bahkan sudah berkelas internasional.

Oleh sebab itu, bila Anda mencari dokter gigi Jogja yang melayani cosmetic dentistry maka Anda bisa mencoba mendatangi klinik tersebut. Jika belum ada waktu, Anda bisa mengunjungi situs resminya di www.opaldentaindonesia.com dahulu untuk mengetahui perawatan, jadwal dokter dan hal-hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *