Cara ampuh turunkan asam urat secara alami

Pernahkah Anda merasa nyeri tak tertahankan secara tiba-tiba pada persendian? Anda patut waspada, karena kondisi tersebut bisa saja menjadi gejala dari asam urat tinggi. Asam urat menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang masyarakat Indonesia, dan gejala yang muncul dapat menetap hingga dua hari bahkan tujuh hari jika tidak diobati.

Asam urat atau gout merupakan kondisi naiknya kadar asam urat dalam darah dan menyerang persendian, utamanya sendi pada jempol kaki. Penderita umumnya merasakan gejala seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak pada sendi yang muncul secara tiba-tiba.

Cara ampuh turunkan asam urat secara alami

Lantas bagaimana tips menurunkan asam urat secara alami yang ampuh? Simak dalam artikel berikut ini!

1. Mengonsumsi Makanan Rendah Purin

Asam urat menjadi produk limbah alami pencernaan makanan yang mengandung purin tinggi. Purin sendiri adalah bahan kimia yang diproduksi tubuh secara alami dan dapat ditemukan pada makanan tertentu. Semakin tinggi kandungan purin dalam makanan, kadar asam urat juga akan semakin meningkat.

Makanan yang tinggi purin dan ada baiknya dibatasi dalam pengonsumsiannya diantaranya jeroan, daging domba, daging kalkun, daging babi, daging sapi muda, kerang, ikan berminyak, kembang kol, hingga bayam. Sedangkan makanan rendah purin yang baik dikonsumsi diantaranya telur, produk susu rendah lemak, kacang, selai kacang, dan buah ceri.

2. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Purin dikeluarkan dari tubuh melalui urin, karena itu memperbanyak konsumsi air putih menjadi salah satu cara alami menurunkan asam urat. Pasalnya dengan memperbanyak konsumsi air putih, dapat membantu kerja ginjal dalam menyaring asam urat dan membuangnya melalui urin.

3. Mengurangi Konsumsi Gula

Tak hanya makanan tinggi purin, beberapa peneliti menemukan jenis gula olahan terlebih fruktosa juga dapat menyebabkan naiknya kadar asam urat. Hal ini terjadi karena penyerapan gula olahan lebih cepat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat.

Selain itu mengonsumsi makanan dan minuman manis juga dapat menambah kalori yang tak diperlukan tubuh, sehingga berpotensi menaikkan berat badan. Berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat.

4. Mengonsumsi Banyak Serat

Selain membantu menyeimbangkan kadar gula darah serta insulin dalam tubuh, rupanya serat juga dapat membantu tubuh membuang asam urat. Tak hanya itu, makanan berserat juga dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu menurunkan risiko makan berlebih. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, gandum, sayur, hingga buah.

5. Menghindari Alkohol

Tak sedikit jenis alkohol yang memiliki kandungan purin cukup tinggi, sehingga dapat membebani kerja dari ginjal untuk dapat mengeluarkan asam urat. Selain itu mengonsumsi alkohol juga dapat membuat Anda dehidrasi, sehingga ada baiknya untuk hindari mengonsumsi alkohol.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Meskipun terlihat sepele, kesehatan mental merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan ketika Anda ingin menurunkan asam urat. Pasalnya kondisi mental yang stres, cenderung tidak stabil atau bahkan depresi, justru dapat memicu proses peradangan dalam tubuh yang dapat berujung pada asam urat.

Aktivitas seperti berolahraga teratur, tidur cukup, hingga melakukan rutinitas atau hobi dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Kapan Harus Berkonsultasi Dengan Dokter?

Apabila Anda merasakan nyeri, bengkak, kemerahan dan terasa sakit pada sendi ketika disentuh, segera konsultasikan dengan dokter terkait kondisi Anda.

Itulah tips menurunkan asam urat secara alami yang bisa Anda lakukan. Untuk informasi lengkap terkait penyakit lainnya mulai dari pengertian, gejala, hingga cara mengobati, kunjungi Direktori Penyakit SehatQ.com.

Direktori Penyakit SehatQ.com berisi informasi lengkap segala penyakit dari A hingga Z, yang tak hanya dapat menjadi sumber informasi namun juga sumber pengetahuan bagi orang awam atau non medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.